Server NAS Cuma Rp 3 Juta, Bisa Buat Di Rumah! Buat Apaan Ya?

Mendengar server NAS umumnya produk ini ditujukan untuk perusahaan, dan biasanya memiliki harga mahal mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Namun kini dari Synology ternyata ada server NAS untuk pengguna rumahan. Harga yang ditawarkan juga menggiurkan yaitu mulai sekitar Rp 3 jutaan saja.

Produk tersebut bernama DiskStation DS218J. Kira-kira gimana produknya? Apa saja yang bisa dilakukan server NAS murah meriah ini?

Produk Mungil Yang Listriknya Cuma 15 Watt!

1/2

Foto – 1Foto bagian luar tampak depanPribadi

Foto – 1Foto bagian luar tampak belakangPribadi

Kalau membuat PC menjadi sebuah server NAS di rumah, tentu saja akan memiliki ukuran yang cukup besar, apalagi kalau bicara listrik yang akan dipakai 24 jam.

Dengan pakai produk Synology DiskStation DS218J, ukurannya sangat kecil sekitar sekotak bekal makanan, membuatnya mudah diletakan dimana pun.

Konsumsi listriknya sendiri hanya sekitar 5 ~ 15 watt, ini hemat banget sih, cuma sekitar satu buah bola lampu. Menyala 24 jam, tetap murah bayar listriknya.

Pemasangan Mudah, Nggak Butuh Seorang Ahli IT

1/4

Foto – 3Foto bagian dalam tampak sampingPribadi

Foto – 4Foto bagian dalam tampak atasPribadi

Foto – 4Tampilan sistem operasi versi PCPribadi

Foto – 5Tampilan sistem operasi versi HPPribadi

Hanya perlu membuka dua baut plus dan kamu sudah bisa membongkar alat ini. Memasang hardisk juga mudah, tidak akan ada kabel-kabel yang semrawut

Selanjutnya kamu tinggal menghubungkan dengan kabel power dan jaringan. Mulai melakukan setting, bisa lewat smartphone android atau laptop windows.

Nantinya server NAS akan menginstall sistem operasi (DSM – Disk Station Manager) secara otomatis. Begitu selesai, server NAS siap digunakan. Bisa apa ya?

6 Manfaat Memiliki Server NAS di Rumah

1. Ruang Penyimpanan Tambahan Untuk Semua Gadget

overview-synology-nas-ds218j-5

Ada banyak cara untuk menambahkan ruang penyimpanan pada gadget kamu, seperti memakai micro SD dan hardisk eksternal, atau bisa juga cloud storage.

Ini dia salah satu keunikan produk Synology DiskStation DS218J, dimana produk ini bisa disulap menjadi cloud storage seperti Google Drive atau Drop Box.

Tidak ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan, dan tentu ini jauh lebih aman. Kamu bisa menyimpan data apapun tanpa batasan, bisa diakses darimana saja.

2. Menjadi Pengganti Instagram?!

overview-synology-nas-ds218j-6

Saat menyimpan foto di Instagram, kamu memiliki potensi untuk kehilangan foto tersebut. Entah karena kamu lupa dengan akunnya, hingga karena akunnya dihack.

Atau bisa juga malah karena Instagram-nya yang tutup karena bangkrut. Ya bisa saja bukan, perusahaan besar seperti Nokia dan Friendster saja bisa bangkrut loh.

Dengan aplikasi android bernama Moment, kamu bisa sulap server NAS ini juga sebagai Instagram. Meski tersimpan di server NAS, kamu tetap bisa berbagi foto dengan teman-teman kamu loh.

3. Juga Pengganti Whatsapp?! Jaka Becanda?

overview-synology-nas-ds218j-7

Siapa tahu sebenarnya kamu seorang agen rahasia yang kerap melakukan pembicaraan melalui aplikasi pesan. Memakai Whatsapp atau Messenger tentu tidak aman.

Produk ini dibekali juga dengan aplikasi bernama Synology Chat, memungkinkan server NAS untuk berubah menjadi server pesan seperti milik Whatsapp.

Aplikasi chatting ini juga dibekali beragam fitur keren, seperti kirim stiker yang baru saja diterapkan Whatsapp akhir-akhir ini.

4. Sekalian Jadi Pengganti Youtube dan Spotify

overview-synology-nas-ds218j-8

Siapa tahu kamu seorang yang bermental wirausaha tinggi, berniat untuk membangun layanan yang jauh lebih baik dari Youtube dan Spotify. Bisa kok, bisa.

Server NAS ini memunkinkan kamu untuk membuat Youtube dan Spotify kamu sendiri. Cukup dengan memasukan video dan lagu.

Lalu lagu dan video tersebut siap untuk diputar secara online (streaming) melalui smartphone android. Selanjutnya sewain deh ke teman-teman kamu, jadi uang.

5. Server Download / Upload Bagi Gamer dan Youtuber

overview-synology-nas-ds218j-9

Bayangin deh kamu download game baru dengan ukuran 100 GB seperti Red Dead Redemption 2yang baru, atau upload video Youtube yang ukurannya besar.

Secara otomatis gadget kamu jadi nggak bisa dipakai, karena bandwidthnya dipakai untuk proses upload dan download tersebut. Bisa seharian, atau malah mingguan.

Dengan pakai server NAS ini, aktivitas main gadget kamu jadi tidak terganggu. Apalagi listriknya yang hemat, nggak perlu nyalain PC 24 jam non-stop.

6. Server CCTV? Ubah HP Jadi CCTV? Kenapa Tidak

overview-synology-nas-ds218j-10

Saat ingin memasang CCTV, kita diharuskan untuk mempersiapkan servernya. Dan umumnya, servernya ini harganya cukup lumayan mahal.

Ada sih yang tanpa server, yaitu memakai micro SD. Namun kemampuan merekam tidak bisa lama, hanya sebentar-sebentar saja, tentu ini akan merepotkan.

Nah server NAS ini mengijinkan untuk terhubung dengan perangkat IP kamera apa saja loh, bahkan bisa juga HP. Bisa kamu jadikan sebagai CCTV yang bisa diakses darimana saja.

Akhir Kata

Wah ternyata banyak banget ya manfaat dari memiliki server NAS di rumah. Produk yang awalnya untuk perusahaan, bukan tidak mungkin nantinya akan populer dikalangan pengguna rumahan.

Jadi menurut kamu gimana, apakah kamu jadi tertarik punya server NAS di rumah? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk share artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram