4 Racikan Alami yang Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan

Memasuki musim hujan banyak orang yang terjangkit penyakit pilek atau flu. Jika sudah begitu, biasanya akan merembet ke masalah tenggorokan. Penyakit ini dinilai sangat menjelngkelkan.

Sakit tenggorokan dapat berdampak bagi seseorang, salah satunya susah menelan, makan hingga tidak bisa tidur jika kondisi ini terjadi pada peradangan amandal anda. Penyebabnya adalah virus yang menyerang imun sistem kekebalan tubuh kita.

Tapi kamu tidak perlu khawatir mengenai penyakit ini. Tidak perlu kedokter atau mengkonsumi obat, cukup yang kamu temukan adalah membuat racikan ramuan rumah yang dapat membantumu. Berikut 4 racikan alami yang dapat meredakan tenggorokan seperti dilansir dari Okezone.com.

1. Minum satu sendok teh madu

Sejak lama madu telah disebut sebagai obat penyembuhan alami dalam pengobatan tradisional. Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan. Madu juga bersifat demulen yaitu melapisi tenggorokan dengan film lengket yang mengurangi iritasi ketika seseorang menelan.

2. Berkumur dengan air asin

Cara ini mungkin bukan ide yang paling menarik. Akan tetapi mengaliri air asin di tenggorokan dapat membantu mengurangi pembengkakan jaringan yang menyakitkan dan membunuh bakteri yang tidak diinginkan. Untuk membuat larutan, campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat lalu berkumurlah selama satu atau dua menit. Usahakan untuk tidak menelannya.

3. Minum teh kamomil

Jenis teh yang satu ini tidak hanya bisa meredakan sakit perut. Menurut penelitian, kandungan anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen pada teh kamomil mungkin memiliki efek yang menenangkan ketika seseorang mulai merasakan sakit tenggorokan. Teh ini juga bebas kafein sehingga bisa diminum tepat sebelum tidur tanpa mengganggu pola tidur. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam cangkir teh untuk mendapatkan manfaat penyembuhan tambahan.

4. Peras lemon kedalam air panas

Beberapa orang yang meminum air lemon panas berharap dapat mengurangi berat badan dan membuat kulit bersih. Tetapi lebih dari itu, air lemon panas dapat mengurangi gejala flu. Lemon memiliki kekuatan antibakteri, antivirus, dan menambah kekebalan tubuh. Buah yang satu ini dapat menciptakan lingkungan asam di tenggorokan sehingga membuat virus dan bakteri lebih sulit untuk berkembang biak. Lemon juga kaya akan vitamin C yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melawan flu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram