Hari Ini HUT Brimob ke-73, Inilah 7 Fakta Terbentuknya Satuan Khusus Polri Ini

Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brigade Mobil atau Brimob Polri pada 14 November jatuh pada hari ini Rabu (14/11/2018). Korps Brimob mula didirikan pada 14 November 1946, artinya pada hari ini Brimob berulang tahun yang ke-73.

Kal ini, tema yang diusung adalah Korps Brimob Polri yang Promoter Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas 2018 dan 2019.

Sebagian orang, masih belum memahami secara lengkap apa Korps Brimob, perbedaan dengan satuan yang lain, dan tugas-tugasnya.

Dilansir Tribunjateng.com dari lama wikipedia.org, Korps Brimob adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter milik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Korps Brimob juga dikenal sebagai salah satu unit tertua yang ada di dalam organisasi Polri.

Beberapa tugas utamanya adalah penanganan terrorisme domestik, penanganan kerusuhan, penegakan hukum berisiko tinggi, pencarian dan penyelamatan (SAR), penyelamatan sandera, dan penjinakan bom (EOD).

Korps Brigade Mobil juga bersifat sebagai komponen besar di dalam Polri yang dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas anti-separatis dan anti-pemberontakan, seringkali bersamaan dengan operasi militer.

Brimob memiliki slogan Jiwaragaku Demi Kemanusiaan.

Saat ini, Korps Brimob yang bermarkas di Jalan Komjen Pol M Jasin, Cimanggis, Depok, dipimpin seorang jenderal bintang dua yakni Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriyadi.

Apa saja fakta mengenai Korps Brimob, berikut selengkapnya:

1. Korps Baret Biru Tua

Korps Brimob adalah unit tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun 1945.

Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru Tua.

Brimob adalah pasukan yang tergolong Paramiliter karena ditugaskan untuk menangani kriminalitas berintensitas tinggi dalam jajaran kesatuan Polri.

2. Dulu Bernama Tokubetsu Keisatsutai 

Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa.

Kesatuan ini pada mulanya diberikan tugas untuk melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibukota.

Brimob turut berjuang dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Di bawah pimpinan Inspektur Polisi I Mohammad Yasin, Pasukan Polisi Istimewa ini ikut terlibat dalam pertempuran 10 November 1945 melawan Tentara Sekutu.

Pasukan ini yang pertama kali mendapat penghargaan dari Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno yaitu Sakanti Yano Utama

3. 14 November 1946

Pada 14 November 1946 Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa.

Berdasar tanggal ini ditetapkan sebagai hari jadi Korps Baret Biru.

Pembentukan Mobrig ini dimaksudkan Sjahrir sebagai perangkat politik untuk menghadapi tekanan politik dari tentara dan sebagai pelindung terhadap kudeta yang melibatkan satuan-satuan militer.

4. Mulai Gunakan Nama Brimob

Pada 14 November 1961 bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sakanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah menjadi Korps Brigade Mobil (Korps Brimob).

Brimob sampai sekarang ini kira-kira berkekuatan 30.000 personel, ditempatkan di bawah kewenangan Kepolisian Daerah masing-masing provinsi.

5. Bentuk Sub Unit Jihandak

Pada tahun 1981 Brimob membentuk sub unit baru yang disebut unit Penjinak Bahan Peledak (Jihandak).

6. Dibentuk PHH

Semenjak huru-hara yang terjadi pada bulan Mei 1998, Pasukan Anti Huru-Hara (PHH) kini telah menerima latihan anti huru-hara khusus.

Terus menerus melakukan pembaharuan dalam bidang materi pelaksanaan Pasukan Huru-Hara(PHH).

Beberapa elemen dari Brimob juga telah dilatih untuk melakukan operasi lintas udara. Dan juga sekarang sudah melakukan pelatihan SAR(Search And Rescue)

7. Gegana

Gegana adalah bagian dari Kepolisian Indonesia (Polri).

Pasukan ini mulai ada sejak tahun 1976, meski ketika itu baru berupa detasemen.

Baru pada tahun 1995, dengan adanya pengembangan validasi Brimob bahwa kesatuan ini harus memiliki resimen, Detasemen Gegana lalu ditingkatkan menjadi satu resimen tersendiri, yakni Resimen II Brimob yang sekarang berubah nama Sat I Gegana.

Tugas utama Gegana ada tiga: mengatasi teror, SAR dan jihandak (penjinakan bahan peledak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram