Internet Akan Mati Selama 48 Jam, Ini Alasannya…

politiknkri.COM – Ada beberapa negara di dunia akan mengalami gangguan internet selama 48 jam lantaran adanya pemeliharaan. Server domain utama dan inftrastruktur akan dimatikan oleh perusahaan internet.

Dilansir lama Mentro, Kebijakan mematikan internet ini untuk merubah kunci kriptografi demi melindungi Domain Name System(DNS) seperti alamat IP, Jumat(12/10).

Petugas ICANN akan merubah kunci DNS. Secara teoritis, orang akan melihat internet mereka eror, lantaran ada server lain yang sedang mengambil alih jika ada gangguan ataupun dimatikan sementara.

“Ini adalah langkah penting dan kami memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa hal itu terjadi sebagai kelanjutan dari misi ICANN, yang memastikan DNS yang aman, stabil, dan tangguh” kata Ketua Dewan ICANN Cherine Chalaby.

“Tidak ada cara untuk memastikan sepenuhnya bahwa setiap operator jaringan akan memiliki ‘resolvers’ yang dikonfigurasi dengan benar, namun jika hal-hal berjalan sesuai harapan, kami berharap sebagian besar memiliki akses ke zona root,” tambahnya.

Kebijakan ini merupakan pertama kalinya terjadi. Namun, ICANN tidak bisa memastikan bahwa ini yang terakhir.

“ini adalah pertama kalinya, jadi tentu saja kami memastikan semua berjalan semulus mungkin, tetapi saat kamu melakukan lebih banyak rollover kunci dimasa depa, operator jaringan, ISP dan yang lainnya akan menjadi lebih terbiasa dengan ini” ucap Matt Larson, wakil presiden penelitian di ICANN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Instagram